Gempa Besar Guncang Banten! Segera Kirimkan Bantuan Kita
Campaign Pilihan

Gempa besar 6,7 Magnitudo guncang Banten, getarannya terasa sampai ke Jabodetabek bahkan Lampung. Data-data kerusakan bangunan masih terus dikumpulkan, sementara warga harus melewati malam dengan waswas. Ayo segera kirim bantuan terbaik kita!

Simpan

Gempa Besar Guncang Banten! Segera Kirimkan Bantuan Kita

Target

0 0

0%
0 90 hari tersisa

Gempa Besar Guncang Banten! Segera Kirimkan Bantuan Kita

Update : 15 Jan, 2022


Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Gempa besar bermagnitudo 6,7 terjadi sore ini (14/1) pada 16.05 WIB berpusat di laut 52 kilometer Barat Daya Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer. Getaran dilaporkan terasa hingga ke berbagai wilayah Jabodetabek, bahkan wilayah Bandar Lampung dan Bandung, Jawa Barat.



Selang sekitar 45 menit kemudian, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan gempa susulan terjadi dengan kekuatan 5,7 Magnitudo di laut 54 kilometer Barat Daya Sumur, Banten sedalam 10 kilometer.

Kuatnya getaran gempa di wilayah ibukota Jakarta dan sekitarnya menyebabkan "gempa" sempat menjadi trending topic di Twitter. Masyarakat berbondong-bondong melaporkan kondisinya di media sosial. Ditambah lagi, gempa terjadi pada jam aktif perkantoran, di mana sebagian besar warga ibukota beraktivitas di gedung-gedung pencakar langit. Tak ayal, kepanikan pun merebak luas Jumat (14/1) sore ini.

Lalu bagaimana dengan kondisi di sekitar pusat gempa sendiri, yakni bagian selatan Banten?



Berdasarkan data yang dikeluarkan Pusdalops BNPB pada 18.30 WIB, tercatat 2 unit rumah rusak berat, 1 unit rumah rusak sedang, 15 unit rumah masih dalam pendataan kerusakan. Selain itu, 6 unit bangunan sekolah serta 1 unit puskesmas juga mengalami kerusakan.

Beberapa wilayah yang terdampak cukup parah di antaranya Kecamatan Cimanggu, Cikeusik, Cibaliung, Carita, Sukaresmi, Pagelaran, Sumur, Cigeulis, Mandalwangi, Patia, Angsana, Munjul, Sindangresmi, Jiput.



"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Pandeglang, khususnya di Cikeusik dan Panimbang, dengan intensitas guncangan VI skala MMI," ungkap Kepala BMKG Dwikoritas Karnawati, dalam konferensi pers sebagaimana dilansir dari laman CNN Indonesia.



Tim MRI-ACT sendiri masih terus mengumpulkan data dan informasi terkini terkait kondisi warga. Sebagaimana dalam situasi darurat pascagempa, warga terdampak pada umumnya membutuhkan bantuan dasar seperti obat-obatan, makanan siap saji, bahan pokok, selimut, terpal dan beberapa kebutuhan lain, mengingat mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sahabat, mari kita sama-sama panjatkan doa tertulus, semoga tidak ada korban jiwa berjatuhan. Aamiin.

Ayo, gegas penuhi kebutuhan pokok warga terdampak gempa Banten dengan sedekahmu melalui laman aksi ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang